Pengembangan Modul Elektronik Menulis Teks Cerpen Berbasis Project Based Learning Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang”

Amril, Khairalfi Jumanisa (2023) Pengembangan Modul Elektronik Menulis Teks Cerpen Berbasis Project Based Learning Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang”. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FBS Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_02_KHAIRALFI_JUMANISA_AMRIL_20174016_3254_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan modul elektronik ini untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar dalam pembelajaran teks cerpen. Penelitian juga dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan sulitnya guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa di karenakan keadaan Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul elektronik pembelajaran menulis teks cerpen berbasis project based learning yang valid (dari segi isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan), praktis (dari segi kemudahan penggunaan dan kesesuaian dengan waktu), dan efektif (dilihat dari aktivitas siswa, hasil belajar, dan afektif siswa) yang digunakan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks cerpen, project based learning, modul pembelajaran elektronik, dan model pengembangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang meliputi 4 tahap pengembangan yaitu tahap definisi, tahap rancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Padang yang berjumlah 30 orang. Data penelitian terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui angket wawancara guru dan siswa, analisis siswa, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul elektronik pembelajaran berbasis project based learning untuk pembelajaran menulis teks cerpen meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil validitas, praktikalitas, dan efektivitas modul elektronik. Validitas modul elektronik oleh pakar yaitu 95,1% sehingga modul elektronik dikategorikan sangat valid. Praktikalitas modul elektronik oleh guru yaitu 93,05% pada kategori sangat praktis dan praktikalitas oleh siswa yaitu 85,8% pada kategori sangat praktis. Aktivitas belajar siswa sebesar 97,5% dengan kategori sangat aktif. Keefektifan modul elektronik berdasarkan hasil tes pengetahuan siswa, rata-rata nilai yang diperoleh yaitu 87 dengan predikat A. Efektivitas modul elektronik berdasarkan hasil tes keterampilan siswa, rata-rata nilai yang diperoleh yaitu 87 dengan predikat A. Efektivitas modul berdasarkan penilaian sikap yaitu 94 dengan predikat A pada kategori sangat efektif. Jadi, dapat disimpulkan modul elektronik terbukti valid, praktis, dan efektif untuk dijadikan salah satu sumber belajar bagi siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorThahar, Harris EffendiUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:39
Last Modified: 07 Dec 2023 06:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48827

Actions (login required)

View Item View Item