Efektivitas Game Edukasi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bagun Datar untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV

Nofrihensi, Sasgia (2023) Efektivitas Game Edukasi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bagun Datar untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Sasgia_Nofrihensi_19003160_6556_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari pelaksanaan penelitian ini karena ditemukan seorang anak tunagrahita ringan di kelas IV SLB Perwari Padang yang belum mengenal bangun datar dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hal tersebut dikemukakan rumusan masalah penelitian yaitu “Apakah penggunaan game edukasi efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar untuk anak tunagrahita ringan kelas IV di SLB Perwari Padang?”. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas game edukasi dalam meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar untuk tunagrahita ringan kelas IV di SLB Perwari Padang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B yang terdisi dari dua kondisi yaitu baseline (A), dan intervensi (B). Penggunaan desain A-B disesukaikan dengan tujuan penilitan yang hanya melihat peningkatkan kemampuan anak saat menggunakan game edukasi, selain itu anak tunagrahita mendapatkan bantuan atau bimbingan guru selama pembelajaran dikarenakan anak belum mampu belajar secara mandiri. Data dalam penelitian akan dikumpulkan dengan teknik tes dan dokumentasi. Data yang didapatkan akan dianalisis melalui teknik analisis dalam kondisi dan teknik analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bangun datar anak pada kondisi baseline (A) didapatkan persentase 44,4%, 44,4%, 44,4%. Pada kondisi intervensi (B) didapatkan presentase 66,6%, 83,3%, 83,3%, 83,3%, 83,3%, 88,8%, 88,8%, 88,8%, 88,8%, 94,4%. Berdasarkan data tersebut kemampuan mengenal bangun datar anak meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa game edukasi efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar untuk anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisoriswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:46
Last Modified: 07 Dec 2023 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48824

Actions (login required)

View Item View Item