Nofrihensi, Sasgia
(2023)
Efektivitas Game Edukasi dalam Meningkatkan
Kemampuan Mengenal Bagun Datar untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang dari pelaksanaan penelitian ini karena ditemukan seorang
anak tunagrahita ringan di kelas IV SLB Perwari Padang yang belum mengenal
bangun datar dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hal tersebut
dikemukakan rumusan masalah penelitian yaitu “Apakah penggunaan game
edukasi efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar untuk
anak tunagrahita ringan kelas IV di SLB Perwari Padang?”. Tujuan penelitian ini
untuk membuktikan efektivitas game edukasi dalam meningkatkan kemampuan
mengenal bangun datar untuk tunagrahita ringan kelas IV di SLB Perwari Padang.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan pendekatan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR).
Penelitian ini menggunakan desain A-B yang terdisi dari dua kondisi yaitu baseline
(A), dan intervensi (B). Penggunaan desain A-B disesukaikan dengan tujuan
penilitan yang hanya melihat peningkatkan kemampuan anak saat menggunakan
game edukasi, selain itu anak tunagrahita mendapatkan bantuan atau bimbingan
guru selama pembelajaran dikarenakan anak belum mampu belajar secara mandiri.
Data dalam penelitian akan dikumpulkan dengan teknik tes dan dokumentasi. Data
yang didapatkan akan dianalisis melalui teknik analisis dalam kondisi dan teknik
analisis antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bangun datar
anak pada kondisi baseline (A) didapatkan persentase 44,4%, 44,4%, 44,4%. Pada
kondisi intervensi (B) didapatkan presentase 66,6%, 83,3%, 83,3%, 83,3%, 83,3%,
88,8%, 88,8%, 88,8%, 88,8%, 94,4%. Berdasarkan data tersebut kemampuan
mengenal bangun datar anak meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa game edukasi
efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar untuk anak
tunagrahita ringan.
Actions (login required)
|
View Item |