Meliza, Reski
(2023)
Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi
Nearpod pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 5 Kegiatan Belajar
4 Kelas IV SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya sumber belajar yang tersedia
di sekolah serta sumber belajar yang kurang bervariasi. Sumber belajar yang
tersedia masih bersifat cetak hanya memuat gambar dan tulisan saja, sehingga
membuat siswa menjadi bosan dan kurang termotivasi untuk belajar. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hasil uji validitas dan
praktikalitas pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi Nearpod pada mata
pelajaran pendidikan pancasila unit 5 kegiatan belajar 4 di kelas IV SD yang valid
dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (reserch and
development) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari lima tahap yaitu
: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development),
Penerapan (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di
SDN 21 Payakumbuh. Bahan ajar yang dirancang divalidasi oleh validator
menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari ahli
materi, ahli bahasa dan ahli media. Kemudian diujicobakan di kelas IV SDN 21
Payakumbuh untuk mengetahui praktikalitas bahan ajar yang dikembangkan.
Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas bahan
ajar menggunakan aplikasi Nearpod pada mata pelajaran pendidikan pancasila unit
5 kegiatan belajar 4 dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 96,52% dalam
kategori sangat valid. Hasil dari uji validasi oleh ahli materi 91,66%. Uji validasi
ahli kebahasaan sebesar 100% dan validasi media sebesar 97,91%. Selanjutnya
hasil uji coba melihat praktikalitas bahan ajar yang dinyatakan sangat praktis. Dapat
dilihat dari hasil respon guru dan hasil respon siswa,dimana angket respon guru
mendapat nilai 100%, dengan kategori sangat praktis dan angket respon dari 34
siswa mendapat nilai 95,68%, dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menggunakan aplikasi Nearpod pada mata
pelajaran pendidikan pancasila di kelas IV SD yang dikembangkan dinyatakan
sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |