Hubungan Perceived Ease of Use dengan Attitude Toward Using pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva

Nur’aini, Nur’aini (2023) Hubungan Perceived Ease of Use dengan Attitude Toward Using pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_NUR’AINI_19031096_6621_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi dapat ditingkatkan melalui penerapan teknologi digital seperti e-learning. Platform digital yang digunakan di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva untuk pembelajaran biologi berbasis e-learning adalah Scola. Belum pernah dilakukan pengukuran mengenai respon peserta didik terhadap penggunaan Scola pembelajaran biologi, sehingga hubungan antara Perceived Ease of Use (PEU) dengan Attitude Toward Using (ATU) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA DEK masih belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan Perceived Ease of Use (PEU) dengan Attitude Toward Using (ATU) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI MIPA, dan XII MIPA di SMA DEK yang berjumlah 48 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang mengukur respon peserta didik terhadap PEU dan ATU terkait penggunaan Scola pembelajaran biologi. Angket ini terdiri dari 32 pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, dan dilanjutkan dengan uji signifikansi menggunakan rumus t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat antara PEU dan ATU, dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,66. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai thitung 5,97 dibandingkan dengan ttabel 1,679. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara PEU dan ATU. Dapat disimpulkan bahwa PEU memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap ATU pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN PERCEIVED EASE OF USE DENGAN ATTITUDE TOWARD USING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:35
Last Modified: 07 Dec 2023 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48818

Actions (login required)

View Item View Item