Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Tematik pada Tema 7 Subtema 1 Materi Peristiwa dalam Lingkungan Siswa Kelas V SDN 0112 Hasahatan Kecamatan Ulu Barumun

Pulungan, Sumiati (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Tematik pada Tema 7 Subtema 1 Materi Peristiwa dalam Lingkungan Siswa Kelas V SDN 0112 Hasahatan Kecamatan Ulu Barumun. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FIP Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_01_SUMIATI_PULUNGAN_21124033_4424_2023.pdf

Download (831kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa pembelajaran tematik belum mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Siswa kurang termotivasi terhadap pelajaran tematik. Siswa belum mampu memberikan ide dan informasi dari masalah yang terdapat pada soal. Akibatnya siswa berkreativitas dalam proses pembelajaran tematik khususnya di kelas V masih rendah. Pembelajaran yang digunakan berupa pembelajaran yang bersifat teacher Center sehingga siswa tidak dapat mengeksplor seluruh nya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Pembelajaran ini membentuk pemahaman konsep tematik siswa yang rendah serta nilai siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan kemadirian belajar terhadap pemahaman konsep siswa di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan menggunkan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 0112 Hasahatan Kecamatan Barumun Baru tahun angkatan pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling diperoleh kelas VB sebagai kelas kontrol dan kelas VC sebagai kelas eksperimen di SDN 0112 Hasahatan. Instrumen penelitian ini yaitu tes dan angket. Hasil temuan penelitian ini adalah: (1) Nilai korelasi R yaitu sebesar 0,322 dan nilai R square sebesar 0,531 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh model CPS terhadap pemahaman konsep adalah sebesar 53,1 %. (2) Nilai korelasi R yaitu sebesar 0,983 dan nilai R square sebesar 0,966 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kemandirian belajar tinggi terhadap pemahaman konsep siswa adalah sebesar 96,6 %. (3) Nilai korelasi R yaitu sebesar 0,421 dan nilai R square sebesar 0,548 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kemandirian belajar rendah terhadap pemahaman konsep siswa adalah sebesar 54,8 %. (4) Koefesien regresi X sebesar 0,487 menyatakan bahwa koefesien determinasi bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh model CPS dan kemandirian belajar adalah positif. nilai korelasi R yaitu sebesar 0, 537 dan nilai R square sebesar 0, 656 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kemandirian belajar dan model CPS terhadap pemahaman konsep siswa adalah sebesar 56,6 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorIrsyad, IrsyadUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model CPS, Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:32
Last Modified: 07 Dec 2023 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48814

Actions (login required)

View Item View Item