Identifikasi Miskonsepsi Materi Sel pada Peserta Didik di Kelas XI IPA MAN 2 Kota Padang

Syarif, Noviandra (2023) Identifikasi Miskonsepsi Materi Sel pada Peserta Didik di Kelas XI IPA MAN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_NOVIANDRA_SYARIF_19031035_1714_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

dengan konsep yang sebenarnya. Miskonsepsi muncul ketika peserta didik mengembangkan pemahamannya sendiri tentang suatu konsep, tetapi konsep tersebut keliru dan berbeda dari konsep sebenarnya. Materi sel merupakan salah satu materi biologi yang mengandung banyak konsep dan objek yang bersifat abstrak, hal ini menyebabkan peserta didik sulit memahami konsep sehingga terjadi miskonsepsi. Hal ini berdampak pada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan identifikasi tingkat pemahaman konsep peserta didik. Identifikasi dilakukan menggunakan tes Multiple Choice dengan CRI yang bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi peserta didik di kelas XI IPA MAN 2 Kota Padang pada materi sel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 MAN 2 Kota Padang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes Multiple Choice dengan CRI pada materi sel. Pemahaman peserta didik dikategorikan menjadi paham konsep, miskonsepsi dan tidak paham konsep. Data penelitian dianalisis dan disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan persentase miskonsepsi peserta didik pada konsep organel sel sebesar 34,03%, konsep perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan sebesar 31,48%, konsep tipe sel sebesar 28,47%, konsep komponen sel sebesar 35,42% dan konsep bioproses sel sebesar 36,11%. Adapun rata-rata miskonsepsi peserta didik pada materi sel sebesar 33,10%. Rata-rata persentase miskonsepsi peserta didik ini tergolong rendah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SEL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:31
Last Modified: 07 Dec 2023 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48809

Actions (login required)

View Item View Item