Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) tentang Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI IPA SMA

Arta, Miftahul Husni (2023) Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) tentang Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI IPA SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_MIFTAHUL_HUSNI_ARTA_19031146_5526_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurangnya variasi bahan ajar yang digunakan pada saat ini menjadi faktor kesulitan peserta didik dalam belajar. Jadi bahan ajar harus dibuat semenarik mungkin dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik agar dapat membantu dalam memahami materi yang mereka rasa sulit untuk dipelajari. Materi yang dirasa sulit untuk dipahami peserta didik adalah materi sel. Materi tersebut akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik jika mereka distimulus terlebih dahulu dengan suatu contoh permasalahan yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, dikembangkanlah modul berbasis Problem Based Learning (PBL) tentang materi sel untuk peserta didik kelas XI IPA SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Tahapan pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahapan develop terhadap uji validitas dan praktikalitas karena keterbatasan waktu dan dana. Subjek penelitian yaitu dua orang dosen biologi FMIPA UNP, satu orang guru biologi, dan 31 orang peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Harau. Objek penelitian adalah modul berbasis PBL tentang materi sel untuk peserta didik kelas XI IPA SMA. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara guru dan angket observasi peserta didik, angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif jenis statistik deskriptif. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan modul berbasis PBL tentang materi sel yang dikategorikan sangat valid dengan perolehan nilai rata-rata 91,3%. Penilaian praktikalitas oleh guru biologi kelas XI memperoleh nilai rata-rata 90,6% yang terkategori sangat praktis, dan dinilai praktis oleh peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 86,5%, dan setelah digabungkan kedua nilai praktikalitas tersebut memperoleh nilai rata-rata akhir sebesar 88,6% yang terkategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dihasilkan modul berbasis PBL tentang materi sel untuk peserta didik kelas XI IPA SMA yang sangat valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:30
Last Modified: 07 Dec 2023 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48807

Actions (login required)

View Item View Item