Efektivitas Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa

Arnita, Fitri (2023) Efektivitas Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FIP Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_01_FITRI_ARNITA_18151019_4483_2023.pdf

Download (803kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan kecemasan yang sering terjadi pada siswa saat menghadapi ujian. Siswa seringkali merasa tidak siap dan tidak mampu pada saat ujian yang disebabkan oleh kecemasan. Hal ini dapat dilihat pada siswa saat menghadapi ujian‚ siswa sering mengalami gejala-gelaja kecemasan diantaranya seperti keringat dingin‚ tremor‚ dan susah tidur saat akan mendekati hari ujian. Upaya yang dilakukan dalam menurunkan kecemasan menghadapi ujian pada siswa adalah dengan konseling kelompok menggunakan pendekatan REBT. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy dalam mengurangi kecemasan menghadapi ujian pada siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa SMAN 13 Padang yang berjumlah enam belas orang siswa dengan kategori kecemasan tinggi dan sedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen kecemasan menghadapi ujian dengan model skala likert‚ yang menjadi populasi dalam penelitian ini ialah siswa SMAN 13 Padang dengan 7 orang sampel pada kelompok kontrol dan 7 pada kelompok eksperimen. Teknik yang digunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogrof Smirnov 2 Independent Sample dengan bantuan SPSS versi 20.00. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour thrapy efektif dalam menurunkan kecemasan menghadapi ujian. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam membantu program layanan bimbingan konseling‚ terutama menggunakan pendekatan rational emotive behaviour therapy untuk mengatasi kecemasan dalam menghadapi ujian.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorMarjohan, MarjohanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Menghadapi Ujian‚ Konseling Kelompok‚ Rational Emotive Behaviour Therapy
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:28
Last Modified: 07 Dec 2023 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48804

Actions (login required)

View Item View Item