Pengembangan LKPD Elektronik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA

Gushendra, Lusi (2023) Pengembangan LKPD Elektronik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_LUSI_GUSHENDRA_18031143_3831_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan abad 21 ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Guru SMA Negeri 14 Padang telah berupaya untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan transformasi teknologi seperti penggunaan video conference, powerpoint, LKPD cetak dan media sosial. Namun, dalam praktiknya guru belum mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. LKPD elektronik salah satu inovasi media pembelajaran dalam bentuk digital yang dapat memuat fitur video, gambar, animasi. Salah satunya aplikasi flipbook yang dapat diakses secara online ataupun offline. LKPD elektronik ini juga menggunakan liveworksheet untuk pengerjaan soal san diakses secara online. Penggunaan LKPD elektronik dapat menjadi solusi dalam meningkatkan efesiensi waktu pembelajaran di kelas. Hasil angket observasi pemahaman pesera didik kelas X SMA Negeri 14 Padang mengenai materi klasifikasi makhluk hidup dinilai masih kurang. Maka diperlukan pendekatan yang dapat membangun pemahaman peserta didik tentang konsep materi klasifikasi makhluk hidup salah satunya pendekatan konstruktivisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD elektronik dalam pembelajaran biologi berorientasi pendekatan konstruktivisme pada materi klasifikasi makhluk hidup yang valid dan praktis untuk peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D Models). Subjek penelitian ini terdiri dari validator yaitu 2 orang dosen biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMA Negeri 14 Padang. Responden uji praktikalitas yaitu 31 orang peserta didik kelas XI dan satu orang guru biologi SMA Neger 14 Padang. Objek penelitian ini adalah LKPD elektronik berorientasi pendekatan konstruktivisme. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, angket observasi, angket validasi dan angket praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperoleh nilai validasi 92,5% dengan kriteria sangat valid dan nilai praktikalitas 94,79% dari guru, 95,09% dari peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik berorientasi pendekatan konstruktivisme pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk peserta didik kelas X SMA yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFuadiyah, Sa'diatulUNSPECIFIED
CorrectorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN LKPD
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:26
Last Modified: 07 Dec 2023 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48797

Actions (login required)

View Item View Item