Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education pada Muatan Pembelajaran Matematika di Kelas II Sekolah Dasar

Chandra, Asnul (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education pada Muatan Pembelajaran Matematika di Kelas II Sekolah Dasar. Masters thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_01_ASNUL_CHANDRA_ 20124046_5145_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang menyatakan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan belum menarik perhatian peserta didik dalam pembelajaran, sehingga peserta didik tidak kritis dan kreatif mengikuti proses belajar dan mengajar pembelajaran Matematika. LKPD yang digunakan juga ditemukan materi pembelajaran yang tidak memperhatikan ketercapain kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik, dan LKPD tersebut tidak mendorong kreativitas peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang valid, praktis, dan efektif. LKPD berbasis pendekatan RME didesain untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan 4-D (Define,Design,Develop, Desseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan daftar wawancara, lembar validasi, lembar angket, dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini, validitas LKPD berbasis pendekatan RME dinyatakan sangat valid. Rata-rata keseluruhan validasi perangkat diperoleh skor 241, rata-rata 89, dengan kriteria sangat valid. Validasi aspek isi diperoleh skor 164, rata-rata 91, dengan kategori sangat valid. Pada aspek penyajian bidang bahasa diperoleh skor 38, rata-rata 95, dengan kategori sangat valid. Pada aspek penyajian bidang media diperoleh skor 39, rata-rata 81, dengan kategori sangat valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD Matematika berbasis RME di kelas II Sekolah Dasar sangat valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Praktikalitas LKPD berbasis pendekatan RME dilihat dari respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis. Hasil respon guru terhadap praktikalitas pembelajaran diperoleh rata-rata 94, dengan kategori sangat praktis. Hasil respon peserta didik terhadap praktikalitas pembelajaran diperoleh rata-rata 89, dengan kategori sangat praktis. LKPD berbasis pendekatan RME dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Untuk kemampuan awal peserta didik diperoleh rata-rata nilai pretes sebesar 42.2 dengan nilai terendah 10 dan nilai tertinggi 75, sedangkan setelah peserta didik diberikan perlakuan menggunakan LKPD berbasis pendekatan RME diperoleh rata-rata nilai postest sebesar 85 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Untuk melihat persentase peningkatan hasil belajar matematika siswa dilakukan perhitungan score N-Gain dan diperoleh peningkatannya sebesar 75%. Persentase peningkatan kemampuan siswa sebesar 75% diindakiskan dengan kategori yang tinggi. Jadi, pembelajaran Matematika menggunakan LKPD berbasis RME yang dikembangkan oleh peneliti sangat efektif untuk digunakan. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan RME dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai penunjang bahan ajar pada mata pelajaran matematika di kelas II

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, Pendekatan RME, Matematika, Kelas II Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:23
Last Modified: 07 Dec 2023 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48787

Actions (login required)

View Item View Item