Putra, Ade Herdian
(2023)
Efek Self Efficacy Akademik, Happiness, dan Life Satisfaction terhadap Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama.
Masters thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Abstract
Stres akademik merupakan reaksi fisik dan psikologis dengan gejala negatif pada fisik, perilaku, kognitif, dan emosional yang disebabkan sumber stres akademik (academic stressor). Stres akademik yang dialami oleh mahasiswa tahun pertama
dapat mengganggu mahasiswa tahun pertama dalam memenuhi tuntutan akademik perguruan tinggi. Stres akademik mahasiswa tahun pertama dipengaruhi self efficacy akademik, happiness, dan life satisfaction. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1)
mendeskripsikan tingkat self efficacy akademik mahasiswa tahun pertama, (2) mendeskripsikan tingkat happiness mahasiswa tahun pertama, (3) mendeskripsikan tingkat life satisfaction mahasiswa tahun pertama, (4) mendeskripsikan tingkat stres akademik mahasiswa tahun pertama, dan (5) menguji efek self efficacy akademik, happiness, dan life satisfaction terhadap stres akademik mahasiswa tahun pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang yang berjumlah 1.461 mahasiswa, dengan sampel 314 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self efficacy akademik, skala happiness, skala life satisfaction, dan skala stres akademik mahasiswa tahun pertama. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, selanjutnya model struktural penelitian dianalisis menggunakan analisis partial least square. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Self efficacy akademik, happiness, life satisfaction berada pada kategori tinggi, dan stres akademik mahasiswa tahun pertama berada pada ketegori rendah, (2) Self efficacy akademik,
happiness, dan life satisfaction signifikan berefek terhadap stres akademik, (3) life satisfaction signifikan menjadi intervening pada efek self efficacy akademik terhadap
stres akademik, life satisfaction menjadi intervening efek happiness terhadap stres akademik, namun tidak signifikan. Penelitian ini berimplikasi pada pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi untuk dapat membantu mahasiswa
tahun pertama tidak mengalami masalah stres akademik.
Actions (login required)
|
View Item |