Pengaruh Prestasi Belajar Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN Di Kecamatan Koto Tangah

Putra, Shatria Sholihin (2023) Pengaruh Prestasi Belajar Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN Di Kecamatan Koto Tangah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SHATRIA_SHOLIHIN_PUTRA_18053131_5713_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar siswa dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi di perguruan tinggi. Hal ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS di Kecamatan Koto Tangah. Penelitian pada Variabel Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi, prestasi belajar siswa dan motivasi belajar dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari siswa SMAN di Kecamatan Koto Tangah dengan menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah 367 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Metode analisis data memakai regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh negatif yang signifikan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,286. Prestasi belajar dan motivasi belajar mahasiswa memberikan kontribusi sebesar 28,6% terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi terhadap variabel terikat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrianto, AgusUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorSyofyan, RitaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:45
Last Modified: 06 Dec 2023 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48776

Actions (login required)

View Item View Item