Jannah, Radatul
(2023)
Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kentang
Mustofa Balado Melalui Metode Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Ringan
Kelas X di SLB Bina Bangsa Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terkait
langkah-langkah maupun penyediaan peralatan yang dibutuhkan dalam membuat
kentang mustofa balado, hal tersebut disebabkan oleh kegiatan mengajar dikelas yang
kurang optimal dalam metode yang digunakan saat mengajar. Jenis penelitiannya
yaitu penelitian tindakan kelas, terdapat dua siklus dan setiap siklusnya empat kali
pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Subjek
penelitiannya yaitu dua anak tunagrahita ringan yang berjenis kelamin perempuan.
Metode pada penelitian ini yaitu metode analisis tugas. Hasil penelitian tampak
bahwa anak mengalami peningkatan setiap pertemuannya dan juga berjalan mulus.
Peningkatan kemampuan itu sendiri terlihat dari hasil tes perbuatan anak dimana pada
kemampuan awal siswa B 36% dan siswa D 40% , pada siklus I siswa B 63% dan
siswa D 67% sedangkan pada siklus II siswa B 92% dan siswa D 95%. Jadi dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode analisis tugas dapat meningkatkan
keterampilan vokasional membuat kentang nustofa balado bagi anak tunagrahita
ringan kelas X SLB Bina Bangsa Padang.
Actions (login required)
|
View Item |