Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kentang Mustofa Balado Melalui Metode Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB Bina Bangsa Padang

Jannah, Radatul (2023) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kentang Mustofa Balado Melalui Metode Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB Bina Bangsa Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_RADATUL_JANNAH_19003090_7158_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terkait langkah-langkah maupun penyediaan peralatan yang dibutuhkan dalam membuat kentang mustofa balado, hal tersebut disebabkan oleh kegiatan mengajar dikelas yang kurang optimal dalam metode yang digunakan saat mengajar. Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas, terdapat dua siklus dan setiap siklusnya empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Subjek penelitiannya yaitu dua anak tunagrahita ringan yang berjenis kelamin perempuan. Metode pada penelitian ini yaitu metode analisis tugas. Hasil penelitian tampak bahwa anak mengalami peningkatan setiap pertemuannya dan juga berjalan mulus. Peningkatan kemampuan itu sendiri terlihat dari hasil tes perbuatan anak dimana pada kemampuan awal siswa B 36% dan siswa D 40% , pada siklus I siswa B 63% dan siswa D 67% sedangkan pada siklus II siswa B 92% dan siswa D 95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode analisis tugas dapat meningkatkan keterampilan vokasional membuat kentang nustofa balado bagi anak tunagrahita ringan kelas X SLB Bina Bangsa Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:28
Last Modified: 06 Dec 2023 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48758

Actions (login required)

View Item View Item