Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi

Nurhasanah, Nurhasanah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_NURHASANAH_19129146_6858_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh perencanaan pembelajaran yang belum maksimal dan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang masih berpusat pada guru (teacher centered), sehingga kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, kurang terlihatnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah, kurangnya keberanian peserta didik untuk menyampaikan pendapat, dan tidak terjalinnya kerja sama dalam pelaksanaan kelompok belajar. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah pendidik dan 24 peserta didik kelas V SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret semester II tahun ajaran 2022/2023. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian siklus I RPP diperoleh rata-rata 87,5% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 97,2% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek pendidik siklus I diperoleh rata-rata 84,37% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB), pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 81,24% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siklus I diperoleh rata-rata 77,33 termasuk dalam kategori cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 86,5 termasuk dalam kategori baik (B). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:19
Last Modified: 06 Dec 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48754

Actions (login required)

View Item View Item