Nurhasanah, Nurhasanah
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan
Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization
pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD
Negeri 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini didasari oleh perencanaan pembelajaran yang belum maksimal
dan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang masih berpusat pada guru
(teacher centered), sehingga kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses
pembelajaran, kurang terlihatnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam
memecahkan masalah, kurangnya keberanian peserta didik untuk menyampaikan
pendapat, dan tidak terjalinnya kerja sama dalam pelaksanaan kelompok belajar.
Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 17 Pakan Kurai
Kota Bukittinggi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah pendidik dan 24
peserta didik kelas V SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Penelitian dilaksanakan
pada bulan Maret semester II tahun ajaran 2022/2023. Prosedur penelitian terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa data
kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
tes, dan non tes.
Hasil penelitian siklus I RPP diperoleh rata-rata 87,5% dengan kualifikasi
baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 97,2% dengan kualifikasi sangat baik
(SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek pendidik siklus I diperoleh rata-rata 84,37%
dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan
kualifikasi sangat baik (SB), pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I
diperoleh rata-rata 81,24% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II
menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siklus I diperoleh
rata-rata 77,33 termasuk dalam kategori cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi
86,5 termasuk dalam kategori baik (B). Dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri
17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi.
Actions (login required)
|
View Item |