Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 12 Kabupaten Tanah Datar

Hasanah, Nurul (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 12 Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Nurul_Hasanah_18129295_6873_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian pada tematik terpadu dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik hal ini disebabkan karena guru belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata peserta didik, disamping itu guru belum terlihat membimbing peserta didik belajar dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV selaku pengamat (observer), peneliti selaku praktisi dan peserta didik kelas IV SDN 12 Pagaruyung yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan non tes, dengan instrumennya berupa lembar observasi, lembar soal dan lembar pengamatan sikap dan keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan pada beberapa aspek, diantaranya: a) RPP, rata-rata siklus I memperoleh persentase keberhasilan 85% (baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95% (sangat baik); b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I memperoleh rata-rata persentase keberhasilan yaitu 80% (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 95% (sangat baik) c) Aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I memperoleh rata-rata persentase keberhasilan yaitu 77,5% (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90% (sangat baik), dan d) Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 79,97 (cukup) dengan persentase ketuntasan 53,33% mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 85 (baik) dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:45
Last Modified: 06 Dec 2023 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48752

Actions (login required)

View Item View Item