Hasanah, Nurul
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di
Kelas IV SDN 12 Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian pada tematik terpadu dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil
belajar peserta didik hal ini disebabkan karena guru belum mengaitkan
pembelajaran dengan kehidupan nyata peserta didik, disamping itu guru belum
terlihat membimbing peserta didik belajar dalam kelompok. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan
model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu
menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan
dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang terdiri dari beberapa tahapan
yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian
ini adalah guru kelas IV selaku pengamat (observer), peneliti selaku praktisi dan
peserta didik kelas IV SDN 12 Pagaruyung yang berjumlah 15 orang yang terdiri
dari 8 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu observasi, tes dan non tes, dengan instrumennya berupa
lembar observasi, lembar soal dan lembar pengamatan sikap dan keterampilan.
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan pada beberapa
aspek, diantaranya: a) RPP, rata-rata siklus I memperoleh persentase keberhasilan
85% (baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95% (sangat baik);
b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I memperoleh rata-rata persentase
keberhasilan yaitu 80% (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 95%
(sangat baik) c) Aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I memperoleh
rata-rata persentase keberhasilan yaitu 77,5% (cukup) mengalami peningkatan
pada siklus II menjadi 90% (sangat baik), dan d) Penilaian hasil belajar peserta
didik pada siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 79,97 (cukup) dengan
persentase ketuntasan 53,33% mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh
nilai rata-rata 85 (baik) dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan
penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |