Rancangan pencegahan Kecelakaan Kerja Menggunakan Srategi Hierarchy of control pada Workshop Konstruksi Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universityas Negeri Padang

Meliani, Rahmah Fitri (2023) Rancangan pencegahan Kecelakaan Kerja Menggunakan Srategi Hierarchy of control pada Workshop Konstruksi Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universityas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RAHMAH_FITRI_MELIANI_21323117_1446_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan kerja di Workshop Konstruksi Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang masih terjadi. Pada tahun 2018 dan 2019 tercatat sebanyak 8 kecelakaan kerja, 3 kecelakaan kerja pada workshop konstruksi batu beton dan 5 kecelakaan kerja pada workshop konstruksi kayu, baik kecelakaan ringan maupun berat. Potensi bahaya dan penilaian resiko pada workshop ini telah diteliti menggunakan metode JSA (Job Safety Analysis) pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini dirancang untuk pencegahan kecelakan kerja menggunakan strategi hierarchy of control yang dikategorikan menjadi eliminasi, Substitusi, rekayasa/ engineering, administrasi dan APD. Pencegahan kecelakaan kerja ini dirancang hanya pada pekerjaan yang memiliki potensi bahaya dengan kategori sedang dan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data akan dilakukan secara observasi dan wawancara terhadap teknisi dan dosen ahli yang pernah mengajar di Workshop Konstruksi Departemen Teknik Sipil FT UNP. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pencegahan kecelakaan kerja di Workshop Konstruksi Departemen Teknik Sipil FT UNP sudah dijalankan, namun belum diterapkan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifwan, FitraUNSPECIFIED
CorrectorAbdullah, RijalUNSPECIFIED
CorrectorZuwida, NidalUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:11
Last Modified: 06 Dec 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48746

Actions (login required)

View Item View Item