Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 29 Padang

Agusfinda, Parfi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_PARFI_AGUSFINDA_18029083_320_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis peserta didik cenderung masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah karena peserta didik kurang dilibatkan dalam mengkonstruksi dan menemukan kembali konsep-konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan quasi eksperiment, dengan rancangan penelitian yaitu non-equivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 29 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, dengan kelas IX.5 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.6 terpilih sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes pemahaman konsep matematis. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada awal observasi dilakukan terlihat pemahaman konsep peserta didik masih rendah. Selama proses pembelajaran tampak meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor kuis peserta didik setiap pertemuan. Pada akhir penelitian diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini disimpulkan berdasarkan uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai p-value = 0,000. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 64,29, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 39,90. Selain itu, pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning mengalami peningkatan. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata kuis pada masing-masing indikator pemahaman konsep matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:49
Last Modified: 05 Dec 2023 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48738

Actions (login required)

View Item View Item