Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intellectually Repetition terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Candung

Magvirah, Nurul (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intellectually Repetition terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Candung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NURUL_MAGVIRAH_18029013_1416_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang hendaknya dikuasai peserta didik dengan baik sehingga meningkatkan hasil belajar matematika mereka serta meningkatkan kemampuan matematis lainnya. Kenyataannya di lapangan ditemukan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini dilihat dengan memberikan soal tes pemahaman konsep ditemukan bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan secara benar dan tepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe AIR serta untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model kooperatif tipe AIR lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung kelas VIII SMP Negeri 1 Candung tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Candung tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu kuis dan soal tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata ∝ = 0,05 diperoleh P-value = 0,012. Karena P-value < ∝, maka tolak H0. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya diterapkan model pembelajaran AIR mengalami peningkatan. Serta pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan Model Pembelajaran Langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorSri, ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:49
Last Modified: 05 Dec 2023 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48737

Actions (login required)

View Item View Item