Harahap, Nur Aisiyah Fazariah (2023) Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_1_NUR_AISIYAH_FAZARIAH_HARAHAP_18029012_2285_2023.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematik yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di sekolah masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning. Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning lebih baik dibanding peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Langsung di kelas VIII MTsN 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Padangsidimpuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling dengan terpilihnya kelas VIII 1 sebagai kelompok eksperimen serta VIII 2 sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan analisis terhadap data tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh P-value = 0,00 dengan taraf nyata (α = 0,05), karena P-value < α, maka
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2023 07:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2023 07:48 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48735 |
Actions (login required)
View Item |