Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 15 Padang

Putri, Niken Audri Rianda (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NIKEN_AUDRI_RIANDA_PUTRI_19029033_5779_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu aspek penting yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Pentingnya keterampilan komunikasi matematis bagi peserta didik membuat kemampuan ini perlu untuk ditingkatkan untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 15 Padang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan rancangan Nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 15 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah kelas VIII.4 dan sebagai kelompok kontrol adalah kelas VIII.1. Berdasarkan hasil uji hipotesis tes akhir kemampuan komunikasi matematis dengan α = 0,05 diperoleh P-value = 0,004 yang berarti tolak H0 karena P-value < α. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:48
Last Modified: 05 Dec 2023 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48733

Actions (login required)

View Item View Item