Gustia, Nila
(2023)
Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Brain Gym
pada Siswa Autis Kelas IX di SLB Bina Bangsa Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan identifikasi yang ditemui pada
siswa autis dengan permasalahan siswa tidak mampu mempertahankan
konsentrasi belajar selama pembelajaran dilaksanakan. Ketika pembelajaran
dimulai anak hanya mampu berkonsentrasi kurang dari 10 menit. Sehingga
berdampak pada kemampuan anak dalam menulis. Maka peneliti menggunakan
brain gym untuk dapat membantu dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak
terutama dalam pembelajaran menulisnya.
Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti yaitu penelitian eksperimen
menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek
penelitian ini merupakan seorang siswa autis kelas IX di SLB Bina Bangsa
Padang yang mengalami konsentrasi belajar kurang dari 5 menit sejak
dimulainya waktu belajar. Penelitian dilaksanakan dengan dengan desain A-BA.
Pengumpulan
data
dilakukan
dengan
unjuk
kerja
berupa
lembar
kerja
siswa.
Teknik
analisis
data
untuk
single
subject
research
dengan
analisis
dalam
kondisi
dan
antar
kondisi
dengan
visual grafik.
Penelitian dilaksanakan selama 16 kali pertemuan yang dibagi atas tiga fase
kondisi yaitu kondisi baseline 1 (A1) dilakukan selama 4 kali pertemuan dengan
durasi konsentrasi 3,3,3,3. Kondisi kedua yaitu intervensi (B) dilakukan 8 kali
pertemuan dengan durasi konsentrasi 4,5,5,6,8,9,9,9. Kondisi ketiga yaitu
Baseline 2 (A2) dilakukan 4 kali pertemuan dengan durasi konsentrasi
9,9,10,10. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan
konsentrasi belajar dalam kegiatan menulis dengan mengggunakan brain gym
pada siswa autis.
Actions (login required)
|
View Item |