Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Brain Gym pada Siswa Autis Kelas IX di SLB Bina Bangsa Padang

Gustia, Nila (2023) Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Brain Gym pada Siswa Autis Kelas IX di SLB Bina Bangsa Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_NILA_GUSTIA_19003020_6751_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan identifikasi yang ditemui pada siswa autis dengan permasalahan siswa tidak mampu mempertahankan konsentrasi belajar selama pembelajaran dilaksanakan. Ketika pembelajaran dimulai anak hanya mampu berkonsentrasi kurang dari 10 menit. Sehingga berdampak pada kemampuan anak dalam menulis. Maka peneliti menggunakan brain gym untuk dapat membantu dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak terutama dalam pembelajaran menulisnya. Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti yaitu penelitian eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini merupakan seorang siswa autis kelas IX di SLB Bina Bangsa Padang yang mengalami konsentrasi belajar kurang dari 5 menit sejak dimulainya waktu belajar. Penelitian dilaksanakan dengan dengan desain A-BA. Pengumpulan data dilakukan dengan unjuk kerja berupa lembar kerja siswa. Teknik analisis data untuk single subject research dengan analisis dalam kondisi dan antar kondisi dengan visual grafik. Penelitian dilaksanakan selama 16 kali pertemuan yang dibagi atas tiga fase kondisi yaitu kondisi baseline 1 (A1) dilakukan selama 4 kali pertemuan dengan durasi konsentrasi 3,3,3,3. Kondisi kedua yaitu intervensi (B) dilakukan 8 kali pertemuan dengan durasi konsentrasi 4,5,5,6,8,9,9,9. Kondisi ketiga yaitu Baseline 2 (A2) dilakukan 4 kali pertemuan dengan durasi konsentrasi 9,9,10,10. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar dalam kegiatan menulis dengan mengggunakan brain gym pada siswa autis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
CorrectorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:57
Last Modified: 05 Dec 2023 04:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48728

Actions (login required)

View Item View Item