Efektivitas Papan Perkalian dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian dengan Hasil Maksimal 10 bagi Anak Tunagrahita Ringan

Olievia, Nona Syukma (2023) Efektivitas Papan Perkalian dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian dengan Hasil Maksimal 10 bagi Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_NONA_SYUKMA_OLIEVIA_19003083_5342_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang siswa tunagrahita ringan yang belum mampu melakukan operasi perkalian padahal siswa sudah berada di kelas VII SLB. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, siswa perlu diberikan media untuk meningkatkan kemampuan perkalian sekaligus untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Media papan perkalian adalah media pembelajaran berbasis visual. Papan perkalian terbuat dari 2 lapisan triplek, pada bagian atas terdiri dari 100 lubang guna memudahkan siswa dalam melakukan perkalian dengan cara menghitung mutiara-mutiara sebagai alat hitungnya yang dapat menarik minat belajar siswa dalam pembelajaran operasi hitung perkalian yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas dari media papan perkalian dalam meningkatkan kemampuan perkalian dengan hasil maksimal 10 bagi anak tunagrahita ringan di kelas VII SLB Perwari Padang setelah menggunakan papan perkalian. Jenis penelitian ini dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A, pada kondisi baseline (A1) pengamatan dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, kondisi intervensi (B) sebanyak 8 kali pertemuan, dan kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengamatan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa instrument tes dalam bentuk daftar ceklist. Kemudian data analisis dengan teknik visual grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) diperoleh data 22%, 28%, 28%, 28%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh data 39%, 50%, 67%, 72%, 83%, 89%, 89%, 89%.. kemudian pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil 89%, 89%, 89%, 89%. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan kemampuan operasi hitung perkalian dengan hasil maksimal 10 pada anak tunagrahita ringan meningkat setelah menggunakan media papan perkalian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUtami, Iga SetiaUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:57
Last Modified: 05 Dec 2023 04:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48727

Actions (login required)

View Item View Item