Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Learning Cycle tipe Seven E (7E) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi

Aknes, Nur (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Learning Cycle tipe Seven E (7E) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_NUR_AKNES_19129142_6421_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Kondisi ini disebabkan guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran inovatif, sehingga peserta didik belum mampu menemukan konsep sendiri dan tidak memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Learning Cycle tipe Seven E (7E) pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi dengan jumlah 26 orang peserta didik. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Penilaian RPP siklus I dengan persentase 87% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II dengan persentase 97% kualifikasi sangat baik. b) Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 86% kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II dengan persentase 97% kualifikasi sangat baik. c) Hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I dengan persentase 81,5% kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II dengan presentase 97% kualifikasi sangat baik. d) Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,3 dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II dengan nilai 87,7 kualifikasi sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Learning Cycle tipe Seven E (7E) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:56
Last Modified: 05 Dec 2023 04:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48724

Actions (login required)

View Item View Item