Aknes, Nur
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan
Menggunakan Model Learning Cycle tipe Seven E (7E) pada Pembelajaran
Tematik Terpadu di Kelas V SDN 14 ATTS Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik.
Kondisi ini disebabkan guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran
inovatif, sehingga peserta didik belum mampu menemukan konsep sendiri dan tidak
memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Learning
Cycle tipe Seven E (7E) pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 14 ATTS
Kota Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I
terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus
tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 14 ATTS
Kota Bukittinggi dengan jumlah 26 orang peserta didik. Data dari penelitian
diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, tes dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Penilaian RPP siklus I
dengan persentase 87% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II dengan
persentase 97% kualifikasi sangat baik. b) Hasil pengamatan aktivitas guru pada
siklus I dengan persentase 86% kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II dengan
persentase 97% kualifikasi sangat baik. c) Hasil pengamatan aktivitas peserta didik
pada siklus I dengan persentase 81,5% kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II
dengan presentase 97% kualifikasi sangat baik. d) Penilaian hasil belajar peserta
didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,3 dengan kualifikasi baik dan meningkat
pada siklus II dengan nilai 87,7 kualifikasi sangat baik. Berdasarkan data tersebut
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Learning Cycle tipe Seven E
(7E) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |