Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question di Kelas III SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi

Illahi, Nur Rahmi Cahaya (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question di Kelas III SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_NUR_RAHMI_CAHAYA_ILLAHI_19129144_6557_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik karena perencanaan dan proses pelaksanaan pembelajaran yang belum maksimal. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Active Learning tipe Role Reversal Question di Kelas III SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan 20 orang peserta didik kelas III SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Maret semester II tahun ajaran 2022/2023. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aspek : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 86,05% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 97,2% dengan kualifikasi sangat baik (SB). b) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 82,68% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,2% dengan kualifikasi sangat baik (SB), pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 82,68% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,2% dengan kualifikasi sangat baik (SB). c) Hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 75,75 dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 87,3 dengan kualifikasi baik (B). Dapat disimpulkan bahwa model Active Learning tipe Role Reversal Question dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:56
Last Modified: 05 Dec 2023 04:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48723

Actions (login required)

View Item View Item