Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pengujian Tekan Beton untuk Teknik Sipil Universitas Negeri Padang.

Ariyanita S, Nadya (2023) Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pengujian Tekan Beton untuk Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NADYA_ARIYANITA_S_17061014_3426_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pada mata kuliah Teknologi Bahan dalam proses pembelajaran permasalahan yang terjadi tidak seluruh peserta didik memahami materi yang diberikan oleh pendidik. Oleh karena itu, diperlukan pembuatan media pembelajaran. Media pembelajaran ialah alat bantu yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Media pembelajaran mampu merubah sesuatu yang abstrak menjadi konkrit dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang praktis digunakan pada mata kuliah Teknologi Bahan dalam bentuk video tutorial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan model 4D. Berdasarkan hasil penilaian validator media 1 diperoleh sebesar 92,5% dengan keterangan sangat setuju, hasil penilaian validator media 2 diperoleh sebesar 91,6% dengan keterangan sangat setuju, dan hasil penilaian validasi media 3 diperoleh sebesar 95% dengan keterangan sangat setuju. Sedangkan hasil penilaian validator materi 1 diperoleh sebesar 98,3% dengan keterangan "sangat setuju,sangat valid, tidak perlu direvisi" dan hasil penilaian validator materi 2 diperoleh sebesar 94, 1 % dengan keterangan "sangat setuju,sangat valid, tidak perlu direvisi". Total penilaian media pembelajaran oleh validator ahli media dan materi diperoleh sebesar 94,3% dengan keterangan sangat setuju. Berdasarkan pengujian praktikalitas media pembelajaran berbasis video tutorial oleh peserta didik diperoleh hasil 85,8% dengan keterangan "sangat praktis". Perolehan nilai yang didapat dalam penelitian ini dinyatakan valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJuliafad, EkaUNSPECIFIED
CorrectorRani, Iskandar GUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Prima YaneUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:53
Last Modified: 04 Dec 2023 08:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48715

Actions (login required)

View Item View Item