Saleka, Latifa Raihani
(2023)
Kontribusi lmplementasi Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Bangunan di SMK Negeri 5 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi implementasi manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa jurusan bangunan di SMK Negeri 5 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan angket secara langsung kepada siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini siambil dari semua populasi yaitu 39 orang siswa kelas XII Jurusan Bangunan di SMKN 5 Padang semester Juli-Desember 2023.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji korelasi r-hitung ~ r-tabel, yaitu 0,828 ~ 0.316, rnaka artinya manajemen kelas (X) memiliki korelasi dengan motivasi belajar (Y). Dari hasil koefisien determinasi (r square) dapat diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,683 yang artinya manajemen kelas memiliki kontribusi sebesar 68,3% terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan 31, 7% lainnya berasal dari faktor lain sehingga dapat dikatakan bahwa manajemen kelas memberikan kontribusi sebagian besar terhadap motivasi belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |