Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar di Madrasah Aliyah

Lestari A, Yunita (2023) Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar di Madrasah Aliyah. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_YUNITA_LESTARI_A_19035062_5655_2023.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an yang telah diuji validitas dan pratikalitasnya, tetapi belum dilakukan uji efektivitas. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an terhadap hasil belajar di Madrasah Aliyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Kota Padang, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, sebagai sampel kelas X MIPA 6 dan 7. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Hasil nilai N-Gain kelas eksperimen diperoleh 0.84 dengan kategori tinggi sedangkan nilai N-Gain kelas kontrol adalah 0,51 dengan kategori sedang. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 yaitu Thitung (9,3) > Ttabel (1,99) menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an efektif meningkatkan hasil belajar di Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorAini, SyamsiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Modul, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:50
Last Modified: 04 Dec 2023 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48698

Actions (login required)

View Item View Item