Lestari A, Yunita (2023) Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar di Madrasah Aliyah. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
|
Text
B.1_07_YUNITA_LESTARI_A_19035062_5655_2023.pdf Download (549kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an yang telah diuji validitas dan pratikalitasnya, tetapi belum dilakukan uji efektivitas. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an terhadap hasil belajar di Madrasah Aliyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Kota Padang, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, sebagai sampel kelas X MIPA 6 dan 7. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Hasil nilai N-Gain kelas eksperimen diperoleh 0.84 dengan kategori tinggi sedangkan nilai N-Gain kelas kontrol adalah 0,51 dengan kategori sedang. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 yaitu Thitung (9,3) > Ttabel (1,99) menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an efektif meningkatkan hasil belajar di Madrasah Aliyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Modul, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs Risna Juita | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2023 08:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2023 08:50 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48698 |
Actions (login required)
View Item |