Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN 1 Kota Padang

Yase, Luthfira (2023) Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN 1 Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_LUTHFIRA_YASE_19035151_5938_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi sistem koloid merupakan materi yang dipelajari di kelas XI SMA/MA pada semester genap. Hasil wawancara beberapa guru kimia di MAN 1 Kota Padang menyatakan bahwa bahan ajar pada materi sistem koloid cenderung berpusat pada pendidik dan hanya menampilkan 2 dari 3 level representasi kimia. Materi sistem koloid bersifat faktual dan teoritis, sehingga peserta didik cenderung pasif, oleh karena itu diperlukannya media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sehingga peserta didik menjadi lebih aktif. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji tingkat keefektifan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Padang. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai n-gain yang tinggi, sedangkan kelas kontrol mendapatkan skor sedang. Keputusan pada uji hipotesis yaitu H0 ditolak.Berdasarkan analisis data tersebut artinya penggunaan media pembelajaran Power Point interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, SyamsiUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PowerPoint, Inkuiri Terbimbing Sistem Koloid, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:27
Last Modified: 04 Dec 2023 04:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48688

Actions (login required)

View Item View Item