Hubungan Kebugaran Jasmani dan Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam

Putra, Romi Safri Nur (2023) Hubungan Kebugaran Jasmani dan Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ROMI_SAFRI_NUR_PUTRA_19086245_7648_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa yang diduga disebabkan oleh masih kurangnya kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi siswa Siswa kelas VII madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubugan antara kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Siswa kelas VII madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 140 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 31 orang siswa. Instrument penelitian ini menggunakan 1) Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI), 2) consentration grid test, dan 3) Hasil Belajar Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan semester genap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik korelasi sederhana dan korelasi berganda yang dilanjutkan dengan analisis uji signifikansi dengan uji t. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kebugaran jasmani memiliki hubungan yang signifikan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Siswa kelas VII madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam dengan thitung 2,43 > ttabel 1,69. 2) Tingkat konsentrasi memiliki hubungan yang signifikan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Siswa kelas VII madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam dengan thitung 3,39 > ttabel 1,69. 3) kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi memiliki hubungan yang signifikan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Siswa kelas VII madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Agam dengan Fhitung 10,12 > Ftabel 3,34.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSepriadi, SepriadiUNSPECIFIED
CorrectorNirwandi, NirwandiUNSPECIFIED
CorrectorWulandari, IndriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEBUGARAN JASMANI, TINGKAT KONSETRASI, HASIL BELAJAR PJOK
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:31
Last Modified: 04 Dec 2023 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48685

Actions (login required)

View Item View Item