Pengembangan Lembar Kerja Pesertaa Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning pada Materi Kimia Hijau Fase E SMA.

Kurnia, Febri (2023) Pengembangan Lembar Kerja Pesertaa Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning pada Materi Kimia Hijau Fase E SMA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_FEBRI_KURNIA_19035084_5714_2023.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Inovasi bahan ajar diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Sejalan dengan diterapkannya kurikulum merdeka, lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning (PjBL) dapat menjadi solusi untuk menunjang proses pembelajaran. Model PjBL dipilih karena dapat membimbing peserta didik untuk belajar secara nyata dengan melakukan tugas proyek sehingga partisipasi belajar peserta didik meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning (PjBL) pada materi kimia hijau fase E SMA dan menilai validitas serta praktikalitasnya. Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan menggunakan model pengembangan plomp dengan tahapan antara lain penelitian pendahuluan (preliminary research) dan pembentukan prototipe (prototyping phase). Hasil analisis validasi dihitung menggunakan rumus Aiken's V dan hasil analisis kepraktisan dihitung menggunakan persentase kepraktisan. Hasil validasi adalah nilai V dengan rata-rata 0.85 dengan kategori valid. Hasil praktikalitas oleh peserta didik adalah 88% dengan kategori sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh guru adalah 88% dengan kategori sangat praktis. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahan ajar berupa LKPD berbasis PjBL yang memenuhi kriteria valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, PjBL, Kimia Hijau, Model Pengembangan Plomp
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:30
Last Modified: 04 Dec 2023 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48681

Actions (login required)

View Item View Item