Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ludo Kimia Berbasis Android Materi Asam dan Basa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA

Khairani, Aulia (2023) Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ludo Kimia Berbasis Android Materi Asam dan Basa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_AULIA_KHAIRANI_19035006_5788_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh telah tersedianya permainan ludo kimia berbasis android materi asam dan basa yang valid dan praktis, tetapi belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat efektivitas permainan ludo kimia terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Tualang. Instrumen penelitian yang digunakan pada adalah tes hasil belajar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat daripada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 64,545 dan kelas kontrol sebesar 79,091. Hasil uji N-Gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,57 dengan kategori sedang. Uji hipotesis menunjukkan bahwa pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk= 64, nilai thitung (5,1413) > ttabel (1,8044). Media permainan ludo kimia materi asam dan basa berbasis android efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:30
Last Modified: 04 Dec 2023 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48680

Actions (login required)

View Item View Item