Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model ARCS pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 02 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi

Siregar, Latifah Hannum (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model ARCS pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 02 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_LATIFAH_HANNUM_SIREGAR_19129033_7038_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelit ian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, disebabkan pada proses pembelajaran terpusat pada guru (teacher center), peserta didik masih kurang fokus dan kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelit ian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model ARCS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada proses pembelajaran temat ik terpadu. Penelit ian ini merupakan penelit ian t indakan kelas (PTK) yang menggunakan Pendekatan kualikat if dan kuant itatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali Pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelit ian tindakan kelas (PTK) meliputi empat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelit ian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 02 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Data dari penelit ian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar o bservasi, tes, dan non tes. Hasil penelit ian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 80,65% (baik) dan siklus II 97,72% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 82,5% (baik) dan siklus II 95% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I dengan ratarata 82,5% (baik), dan siklus II 95% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 73,85 (Cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 80,83 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model ARCS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran temat ik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
CorrectorAzmi, NurUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:41
Last Modified: 01 Dec 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48669

Actions (login required)

View Item View Item