Siregar, Latifah Hannum
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model ARCS pada
Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 02
Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelit ian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih
rendah, disebabkan pada proses pembelajaran terpusat pada guru (teacher center),
peserta didik masih kurang fokus dan kurang termotivasi dalam proses
pembelajaran. Tujuan dari penelit ian ini adalah untuk mendeskripsikan
penggunaan model ARCS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
proses pembelajaran temat ik terpadu.
Penelit ian ini merupakan penelit ian t indakan kelas (PTK) yang
menggunakan Pendekatan kualikat if dan kuant itatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali Pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 kali
pertemuan. Penelit ian tindakan kelas (PTK) meliputi empat tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelit ian ini adalah guru dan
peserta didik Kelas V SDN 02 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Data
dari penelit ian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan
dokumen analisis, lembar o bservasi, tes, dan non tes.
Hasil penelit ian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan
rata-rata 80,65% (baik) dan siklus II 97,72% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada
pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 82,5% (baik) dan siklus II 95% (sangat
baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I dengan ratarata
82,5% (baik), dan siklus II 95% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil
belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 73,85 (Cukup) dan meningkat
pada siklus II menjadi 80,83 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dengan model ARCS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran temat ik.
Actions (login required)
|
View Item |