Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang

Sari, Mike Moga (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_MIKE_MOGA_SARI_18129193_5328_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan pembelajaran cenderung bersifat satu arah karena guru banyak menggunakan metode ceramah dan kurang melakukan interaksi dengan peserta didik. Hal ini membuat aktivitas peserta didik tidak terlaksana dengan semestinya, sehingga peserta didik kurang aktif mengeluarkan pendapat, peserta didik juga sulit berkonsentrasi dan memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru (observer) dan peserta didik yang berjumlah 16 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Hasil persentase penilaian RPP pada siklus I 82,5% dengan kualifikasi Baik (B), pada siklus II dengan persentase 95% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil persentase pengamatan pada aspek guru siklus I 81,25% dengan kualifikasi Baik (B), pada siklus II dengan persentase 95% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil persentase pengamatan pada aspek peserta didik siklus I 78,75% dengan kualifikasi Cukup (C), pada siklus II dengan persentase 95% dengan kualifikasi Santag Baik (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 78,23 dengan persentase ketuntasan 53,1%, pada siklus II dengan nilai rata-rata 93,49% dengan persentase ketuntasan 100%. Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:41
Last Modified: 01 Dec 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48667

Actions (login required)

View Item View Item