Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Creative Problem Solving pada Materi Penyajian Data di Kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang

Rani, Mutiara (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Creative Problem Solving pada Materi Penyajian Data di Kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Mutiara_Rani_18129289_6062_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran dan belum adanya pembelajaran yang berbasis masalah yang berkaitan dengan lingkungan nyata siswa. Sehingga siswa kurang memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan memberikan dampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe creative problem solving pada materi penyajian data di kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuatitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 87,5% kualifikasi (A) dan meningkat pada siklus II rata-rata 94,44% kualifikasi (A). Hasil observasi aspek guru pada siklus I rata-rata 83,92% kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II rata-rata 96,42% kualifikasi (A). Hasil observasi aspek siswa pada siklus I rata-rata 83,92% kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II rata-rata 96,42% kualifikasi (A). Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 80,82 dengan persentase ketuntasan siswa 71,42% kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II rata-rata 87,61 dengan persentase ketuntasan siswa 90,47% kualifikasi (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe creative problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data di kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:40
Last Modified: 01 Dec 2023 08:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48665

Actions (login required)

View Item View Item