Rani, Mutiara
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model
Cooperative Learning Tipe Creative Problem Solving pada Materi Penyajian
Data di Kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas V
SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan
guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam proses
pembelajaran dan belum adanya pembelajaran yang berbasis masalah yang
berkaitan dengan lingkungan nyata siswa. Sehingga siswa kurang memahami
pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan memberikan dampak pada hasil
belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe creative problem
solving pada materi penyajian data di kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota
Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kuatitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yaitu
siklus I dan siklus II. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II
dilaksanakan satu kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian
ini yaitu siswa kelas V SDN 17 Gunung Pangilun Kota Padang dengan jumlah 21
siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I sampai siklus II.
Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 87,5% kualifikasi (A) dan meningkat
pada siklus II rata-rata 94,44% kualifikasi (A). Hasil observasi aspek guru pada
siklus I rata-rata 83,92% kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II rata-rata
96,42% kualifikasi (A). Hasil observasi aspek siswa pada siklus I rata-rata 83,92%
kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II rata-rata 96,42% kualifikasi (A). Hasil
belajar siswa pada siklus I rata-rata 80,82 dengan persentase ketuntasan siswa
71,42% kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II rata-rata 87,61 dengan
persentase ketuntasan siswa 90,47% kualifikasi (A). Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe creative problem solving dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data di kelas V SDN 17
Gunung Pangilun Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |