Rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Make Up Room Kaniak Homestay Syariah di Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota

Hanifa, Zahratul (2023) Rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Make Up Room Kaniak Homestay Syariah di Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ZAHRATUL_HANIFA_19135290_4653_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proyek Akhir ini bertujuan untuk menciptakan Standar Operasional Prosedur Make Up Room yang dapat diimplementasikan di homestay. Proyek Akhir dilakukan karena dilatarbelakangi oleh wawancara yang dilakukan dengan pemilik Kaniak Homestay Syariah, Ibu Yosi Gumala. Masalah yang diangkat dalam proyek akhir ini adalah tidak adanya Standar Operasional Prosedur Pembersihan Kamar di Kaniak Homestay Syariah. Tujuan dibuatnya proyek akhir ini adalah merancang Standar Operasional Prosedur Pembersihan Kamar agar dapat mengantisipasi, memperkecil bahkan menghilangkan resiko yang akan mungkin terjadi seperti adanya keluhan dari tamu yang dapat berpengaruh kepada citra homestay. Waktu dilakukannya proyek akhir ini adalah pada bulan Agustus 2023 di Kaniak Homestay Syariah yang terletak di Nagari Tarantang, Kecamatan Harau. Metode yang digunakan dalam proyek akhir ini adalah metode deskriptif dengan data kualitatif yang didapat dari melakukan wawancara dan observasi. Perancangan proyek akhir ini harus dilakukan untuk melihat bagaimana tahapan. Adapaun tahapan-tahapan yang dilakukan dalam melakukan proyek akhir ini adalah Tahap Observasi, Tahap Kajian Teori, Tahap Perencanaan, Tahap Penyusunan, Tahap Uji Coba, Tahap Penyempurnaan dan Tahap Implementasi. Hasil rancangan Standar Operasional Prosedur Pembersihan Kamar adalah berupa identitas SOP, Flowchart SOP dan SOP Make Up Room Kaniak Homestay Syariah. Adapun kegiatan Make Up Room yang dilakukan adalah memasuki kamar, memulai tugas, mengambil sampah, merapikan tempat tidur, membersihkan debu, membersihkan kamar tidur, menyapu dan mengepel, memeriksa kamar tamu yang dilakukan dengan terstruktur dalam waktu kurang lebih 15 menit. Dan untuk menyempurnakan SOP Make Up Room Kaniak Homestay Syariah disahkan dan ditanda tangani oleh pihak ahli yang memiliki kompetensi yang terkait dengan judul dan permasalahan yang diambil proyek akhir ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuyuthie, HijriyantomiUNSPECIFIED
CorrectorKasmita, KasmitaUNSPECIFIED
CorrectorFiza, Adek KurniaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:09
Last Modified: 01 Dec 2023 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48653

Actions (login required)

View Item View Item