Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Tamu di Fave Hotel Olo Padang.

Ananda, Vika (2023) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Tamu di Fave Hotel Olo Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_VIKA_ANANDA_19135280_3856_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti selama melakukan Magang Bersertifikat II di Fave Hotel Olo Padang pada Periode Juli-Desember 2022 peneliti menemukan beberapa keluhan tamu pada google review. Adanya keluhan tamu karena tidak kesesuaian harapan dengan kenyataan yang ditemukan selama menginap di hotel, Adanya keluhan tamu tidak ingin datang lagi ke hotel. Adanya tamu yang menginap menyatakan tidak merekomendasikan hotel. Adanya keluhan tamu yang menyatakan kamar tidak sesuai dengan yang dipesan. Adanya keluhan tamu mengenai lambatnya dalam melayani tamu check-in Selanjutnya Adanya tamu yang menginap menyatakan fasilitas hotel kurang lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan kualitas produk, Mendeskripsikan kepuasan tamu dan Menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan tamu di Fave Hotel Olo Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Fave Hotel Olo Padang yang berjumlah 2.489 orang dengan sampel 97 orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif kuantitatif, uji asumsi (uji normalitas, uji linearitas, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk berada pada kategori cukup baik secara keseluruhan dengan persentase (51%), (2) Kepuasan tamu berada pada kategori cukup baik secara keseluruhan dengan persentase (37%), (3) Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai F hitung 54.013 dengan sig 0,000 <0.05 maka regresi dapat dipakai. Artinya kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu. Hasil persamaan koefisien regresi sebesar 0,510 dengan sig. 0,000 < 0,05, artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan kualitas produk akan meningkatkan 1 satuan kepuasan tamu. Kemudian nilai R Square sebesar 0,362. Artinya kualitas produk mempengaruhi kepuasan tamu sebesar 36,2%, sedangkan 63,8% di pengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorManvi, Kurnia illahiUNSPECIFIED
CorrectorWulandari, Dwi PratiwiUNSPECIFIED
CorrectorAdrian, ArifUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Parawisata-D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:07
Last Modified: 01 Dec 2023 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48637

Actions (login required)

View Item View Item