Pengembangan E-Modul Fisika Teintengrasi STEM untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampialn Abad ke-21 Siswa Kelas XI SMA

Nazifah, Naurah (2023) Pengembangan E-Modul Fisika Teintengrasi STEM untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampialn Abad ke-21 Siswa Kelas XI SMA. Masters thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_NAURAH_NAZIFAH_20175006_5803_2023.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut sumber daya manusia mampu bersaiang pada abad 21. Sumber daya manusia harus memiliki keterampilan abad ke-21 meliputi keterampilan berpikir kritis, kretivitas, kolaborasi dan komunikasi. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pendidikan menyambut revolusi 4.0. Pembelajaran abad-21 menuntut guru untuk mengarahkan siswanya agar berkreasi mengelola permasalahan sehari-hari. Salah satu pendekatan pembelajaran saat ini yang sangat mendukung tercapainya keterampilan abad 21 adalah pembelajaran berbasis STEM. Kenyataan yang ditemukan di lapangan upaya guru masih belum optimal dalam pencapaian aspek siswa sesuai tuntutan adab 21 dan tuntutan kurikulum. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan e-modul fisika terintegrasi STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kualitas dari e-modul fisika terintegrasi STEM dalam aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan abad ke-21 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari penelitian awal, prototipe atau pengembangan, dan assesment. Uji coba dilakukan di SMAN 9 Padang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar praktikalitas, soal tes askhir dan lembar penilaian keterampilan abad ke-21. Data yang diperoleh pada tahap analisis, validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Pada uji efektivitas data aspek pengetahuan dan keterampilan abad 21 siswa menggunakan analisis uji t dan uji man whitney. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dinyatakan empat hasil penelitian. Pertama, hasil penelitian awal adalah e-modul yang digunakan di sekolah belum sesuai dengan karakteristik siswa, kompenen STEM dalam buku teks rendah, dan perlu adanya upaya peningkatan untuk meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa. Kedua, emodul fisika terintegrasi STEM adalah valid dengan nilai aiken 0,86. Ketiga, e-modul fisika terintegrasi STEM adalah praktis menurut guru dan siswa dengan nilai 94,12 dan 89,12 dengan kriteria baik sekali. Keempat, e-modul fisika terintegrasi STEM adalahefektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan abad ke-21 siswa kelas XI SMA. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan e-modul fisika terintegrasi STEM untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan abad ke-21 siswa kelas XI SMA memenuhi kriteria kualitas generic dalam aspek validitas, praktikalitas dan efektiftivitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Modul Fisika, STEM, Pengetahuan, Keterampilan Abad ke-21
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:06
Last Modified: 01 Dec 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48634

Actions (login required)

View Item View Item