Yantrisna, Irma
(2023)
Peningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Model
Pembelajaran Project Based Learning Bagi Anak Tunagrahita Kelas VII di SLB
Autisma Mutiara Bangsa Pratama Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB
Autisma Mutiara Bangsa Pratama Padang pada anak tunagrahita kelas VII. Terdapat
dua orang siswa mengalami masalah dalam penjumlahan bilanan dengan hasil 10.
Selama ini guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan tanya jawab dalam
pembelajaran mengenal lambang bilangan dengan penugasan secara individual. Siswa
mengalami dalam penjumlahan. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan bilangann melalui model
pembelajaran Project Based Learning.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan
setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran penjumlahan
untuk anak tunagrahita dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Project
Based Learning. 2) kemampuan penjumlahan bagi anak tunagrahita kelas VII
meningkat menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Hal ini dapat
dilihat dari data sebelum tindakan kemampuan anak dalam 15 indikator penjumlahan
yakni: RY adalah 36,6% dan AS 33% Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan RY
meningkat (53%) dan AS meningkat 56 %. Pada siklus II kemampuan RY meningkat
(86%) sedangkan untuk AS (90%). Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat
meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan pada anak tunagrahita,
Actions (login required)
|
View Item |