Peningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Bagi Anak Tunagrahita Kelas VII di SLB Autisma Mutiara Bangsa Pratama Padang

Yantrisna, Irma (2023) Peningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Bagi Anak Tunagrahita Kelas VII di SLB Autisma Mutiara Bangsa Pratama Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_IRMA_YANTRISNA_21003282_6108_21003282_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Autisma Mutiara Bangsa Pratama Padang pada anak tunagrahita kelas VII. Terdapat dua orang siswa mengalami masalah dalam penjumlahan bilanan dengan hasil 10. Selama ini guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan dengan penugasan secara individual. Siswa mengalami dalam penjumlahan. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan bilangann melalui model pembelajaran Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran penjumlahan untuk anak tunagrahita dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. 2) kemampuan penjumlahan bagi anak tunagrahita kelas VII meningkat menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Hal ini dapat dilihat dari data sebelum tindakan kemampuan anak dalam 15 indikator penjumlahan yakni: RY adalah 36,6% dan AS 33% Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan RY meningkat (53%) dan AS meningkat 56 %. Pada siklus II kemampuan RY meningkat (86%) sedangkan untuk AS (90%). Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan pada anak tunagrahita,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JobhandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:06
Last Modified: 30 Nov 2023 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48627

Actions (login required)

View Item View Item