Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri Siswa SMK Negeri 3 Kota Solok dalam Mengemukakan Pendapat di Kelas

Akmal, Iqbal Maulana (2023) Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri Siswa SMK Negeri 3 Kota Solok dalam Mengemukakan Pendapat di Kelas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_IQBAL_MAULANA_AKMAL_18006028_7052_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) interaksi teman sebaya, (2) kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas , serta (3) menguji analisis hubungan interaksi teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini siswa kelas 10 dan 11 SMK N 3 Kota Solok Semester Januari – Juni 2023, Sample yang dipilih dengan jenis random sampling. Instrumen yang digunakan adalah “Istrument penelit ian Interaksi Teman Sebaya dan Instrument Kepercayaan Diri” dengan menggunakan skala model likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson Product Moment. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) interaksi teman sebaya berada pada kategori tinggi, (2) kepercayaan diri pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat di kelas dengan koefisien korelasi 0,768 dan taraf signifikan 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:04
Last Modified: 30 Nov 2023 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48622

Actions (login required)

View Item View Item