Abeltsa, Ivoni Akdreane
(2023)
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery
Learning Terhadap Hasil Belajar di Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat
pada guru, proses pembelajaran sebatas penyampaian informasi sehingga peserta
didik tidak terlihat secara aktif, sehingga hal ini menyebabkan hasil belajar peserta
didik tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV
Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya
adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas IV SD Gugus III Paninggahan Kabupaten Solok yang telah
menggunakan kurikulum 2013 yang terdiri dari 5 sekolah. Dengan teknil Cluster
Random Sampling diperoleh SDN 10 Paninggahan sebagai kelompok eksperimen
dan SDN 05 Paninggahan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam
mengumpulkan data berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Teknik
analisi data yang digunakan adalah uji statistic inferensial dengan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest hasil belajar
FPB dan KPK dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning
pada kelompok eksperimen 81,4 dan menggunakan pembelajaran konvensional
pada kelompok kontrol 69,11. Ini berarti rata-rata kelompok eksperimen lebih
tinggi daripada kelompok kontrol. Dari hasil perhitungan t-test diperoleh t
hitung
3,87 sedangkan t
tabel
dengan taraf signifikan 0,05 dan dk=42 adalah 2,000, berarti
t
hitung
> t
tabel
sehingga H
1
diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang
signifikan model Discovery Learning terhadap hasil belajar FPB dan KPK di
kelas IV Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |