Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar di Kelas IV Sekolah Dasar

Abeltsa, Ivoni Akdreane (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_IVONI_AKDREANE_ABELTSA_16129331_6468_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru, proses pembelajaran sebatas penyampaian informasi sehingga peserta didik tidak terlihat secara aktif, sehingga hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Gugus III Paninggahan Kabupaten Solok yang telah menggunakan kurikulum 2013 yang terdiri dari 5 sekolah. Dengan teknil Cluster Random Sampling diperoleh SDN 10 Paninggahan sebagai kelompok eksperimen dan SDN 05 Paninggahan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji statistic inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest hasil belajar FPB dan KPK dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada kelompok eksperimen 81,4 dan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol 69,11. Ini berarti rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Dari hasil perhitungan t-test diperoleh t hitung 3,87 sedangkan t tabel dengan taraf signifikan 0,05 dan dk=42 adalah 2,000, berarti t hitung > t tabel sehingga H 1 diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:01
Last Modified: 30 Nov 2023 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48617

Actions (login required)

View Item View Item