Kontribusi Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang

Triamanda, Viona Disi (2023) Kontribusi Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_VIONA_DISI_TRIAMANDA_19016203_3557_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023, yaitu sebanyak 209 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan jumlah proporsi siswa per kelas. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) adalah penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang dan variabel terikat (Y) adalah keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 74,8. Kedua, keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi baik sekali dengan rata-rata hitung 85,73. Ketiga, terdapat kontribusi yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang sebesar 55,20% dengan H0 dalam penelitian ditolak, sedangkan H1 diterima karena thitung lebih besar dari ttabel (6,16>1,68). Berdasarkan hasil penelitian terdapat kontribusi antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks puisi. Oleh karena itu, diperlukan penguasaan kosakata yang cukup dalam menulis teks puisi. Dalam meningkatkan penguasaan kosakata guru harus melatih penguasaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHafrison, Mhd.UNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:06
Last Modified: 29 Nov 2023 09:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48610

Actions (login required)

View Item View Item