Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 04 Lubuk Sarik Kabupaten Pesisir Selatan

Prijan, Farhan Dwihakiki (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 04 Lubuk Sarik Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Farhan_Dwihakiki_Prijan_18129255_5418_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu, hal ini disebabkan guru belum maksimal dalam memberikan rangsangan kepada peserta didik tentang materi pelajaran yang akan dipelajari dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengolah data atau informasi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Lubuk Sarik Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 15 orang peserta didik, Hasil penelitian RPP di siklus I memperoleh nilai rata-rata 88,8 % (B), kemudian meningkat siklus II yaitu dengan nilai 97,2 % (SB). Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 85,9 (B), meningkat siklus II dengan nilai 96,8 % (SB). Penilaian aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 84,3 (B), meningkat siklus II dengan 96,8 % (SB). Penilaian aspek sikap siklus I Baik, siklus II Sangat Baik. Penilaian aspek pengetahuan siklus I dengan rata-rata 73,1% (K), siklus II memperoleh 84,7 (B). Penilaian aspek keterampilan siklus I dengan nilai rata-rata 63 (K), meningkat pada siklus II dengan 88,8 (B). Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:44
Last Modified: 29 Nov 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48600

Actions (login required)

View Item View Item