Prijan, Farhan Dwihakiki
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik di Kelas
V SDN
04
Lubuk
Sarik
Kabupaten
Pesisir
Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik terpadu, hal ini disebabkan guru belum maksimal dalam
memberikan
rangsangan kepada peserta didik tentang materi pelajaran yang
akan dipelajari dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengolah
data atau informasi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
peningkatan
hasil
belajar
peserta
didik
menggunakan
model
Discovery
Learning
pada
pembelajaran
tematik
terpadu
di
kelas
V
SDN
04
Lubuk
Sarik
Kabupaten
Pesisir
Selatan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, setiap siklus
terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah guru dan 15 orang peserta didik,
Hasil penelitian RPP di siklus I memperoleh nilai rata-rata 88,8 % (B),
kemudian meningkat siklus II yaitu dengan nilai 97,2 % (SB). Penilaian aspek
guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 85,9 (B), meningkat siklus II dengan nilai
96,8 % (SB). Penilaian aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 84,3 (B),
meningkat siklus II dengan 96,8 % (SB). Penilaian aspek sikap siklus I Baik, siklus
II
Sangat
Baik.
Penilaian
aspek
pengetahuan
siklus
I
dengan
rata-rata
73,1%
(K), siklus II memperoleh 84,7 (B). Penilaian aspek keterampilan siklus I dengan
nilai rata-rata 63 (K), meningkat pada siklus II dengan 88,8 (B). Dapat disimpulkan
bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |