Kinerja Guru PJOK dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Se-kota Pariaman

Ilham, Muhammad Nur (2023) Kinerja Guru PJOK dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Se-kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_MUHAMAD_NUR ILHAM_l7087077_7289_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena di lapangan menujukan bahwa terdapat adanya perbedaan kinerja guru dalam proses pembelajaran di SMA Negeri Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dalam proses pembelajaran di SMA Negeri Kota Pariaman, di lihat dari perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK dan siswa SMA Negeri Kota Pariaman yang berjumlah 24 Orang responden. Penelitian ini menggunakan stratified random sampling. Penelitian kualitatif tidak didasarkan perhitugan statistik. Jadi yang menjadi kepedulian bagi peneliti kualitatif adalah tuntasnya perolehan informasi dengan keragaman variasi yang ada bukan banyaknya sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan deskripsi dan analisis data dapat di simpulkan bahwa secara umum kinerja guru PJOK dalam proses pembelajaran di SMA Negeri Kota Pariaman dalam upaya guru untuk merencanakan, melaksanankan dan pengevaluasi kegiatan pembelajaran sudah sepenuhnya berjalan dengan optimal, diantaranya dalam melakukan perencanaan proses pembelajaran guru PJOK terlebih dahulu mempersiapkan prangkat pembelajaran seperti RPP hingga kepada penyusunan tahap evaluasi. Adapun dalam pelaksanaannya sebelumnya guru PJOK melakukan persiapan serta apresiasi kepada peserta didik. Serta dalam tahap pengevaluasian guru PJOK SMA Negeri Pariaman melakukannya secara konsisten, sistematik dan terprogram dengan menggunakan tes dan notes dalam bentuk tertulis atau lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap. Penilaian yang digunakan yaitu berbentuk rubric penilaian yang mengacu pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Sehingga dapat dikatakan bahwa kinerja guru PJOK dalam proses pembelajaran di SMA Negeri Se-kota Pariaman terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrawadi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorArgantos, ArgantosUNSPECIFIED
CorrectorMardela, RomiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KINERJA GURU PJOK, PROSES PEMBELAJARAN.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:42
Last Modified: 29 Nov 2023 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48582

Actions (login required)

View Item View Item