Anarkhi, Febi Elang
(2023)
Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Marula Coffee and Hungry Pasaman Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Sekarang ini, platform media sosial instagram telah sangat populer
digunakan sebagai alat untuk mempromosikan berbagai hal, termasuk bisnis.
Salah satu contohnya adalah Marula Coffee and Hungry Pasaman Barat yang
memanfaatkan instagram sebagai sarana untuk mempromosikan usaha mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak dari promosi
media sosial instagram terhadap keputusan pembelian di Marula Coffee and
Hungry Pasaman Barat. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif
kuantitatif tipe asosiatif kausal dengan pendekatan melalui survei, dari jumlah
populasi 3.200 perbulannya dan sample sebanyak 204 responden. Variabel yang
difokuskan pada penelitian ini adalah promosi melalui media sosial instagram
(variabel X) dan keputusan pembelian (variabel Y). Dalam analisis data,
digunakan perangkat lunak SPSS versi 20. Hasil penelitian yaitu Promosi Media
Sosial Instagram termasuk dalam kategori cukup dengan mean 43,96 perhitungan
statistik berada pada klasifikasi 39 - < 49 memiliki perentase 35,8%, dan
Keputusan Pembelian termasuk pada dalam kategori cukup dengan mean 56,33
perhitungan statistik pada klasifikasi 51 - < 62 memiliki 36,8%.Dalam penelitian
membuktikan bahwa antar kedua variabel terdapat dampak yang signifikan antara
promosi melalui media sosial instagram dan keputusan pembelian di Marula
Coffee and Hungry Pasaman Barat sebesar 72% sementara sisanya di pengaruhi
oleh faktor lainnya.
Actions (login required)
|
View Item |