Efektivitas Penggunaan Media Grafis Lift The Flap Book untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Cuaca pada Anak Autisme

Rahmayani, Desmita Aulia (2023) Efektivitas Penggunaan Media Grafis Lift The Flap Book untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Cuaca pada Anak Autisme. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Desmita_Aulia_Rahmayani_19003131_6091_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan anak autisme yang ditemukan pada kelas III sekolah dasar yaitu permasalahan pada kemampuan mengenal cuaca. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah media grafis lift the flap book efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal cuaca pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain berbentuk A-B-A. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak autisme di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik tes yang terdiri dari beberapa soal. Kemudian menggunakan teknik analisis data dengan visual grafik. Hasil analisis sebanyak 16 kali pengamatan data yang diperoleh yaitu pada baseline (A1) 0%, 0%, 0% dan 0%. Pengamatan pada kondisi saat intervensi (B) yaitu 8%, 29%, 37%, 50%, 71%, 79%, 87%, 87% dan 87%. Terakhir hasil pengamatan pada kondisi baseline (A2) diperoleh presentase kemampuan yaitu 87%, 87% dan 87%. Dapat disimpulkan hasil penelitian mengindikasikan bahwan media grafis lift the flap book efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal cuaca pada anak autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:07
Last Modified: 29 Nov 2023 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48552

Actions (login required)

View Item View Item