Kecenderungan Perilaku Self-Harm Pondok Pesantren Nurul Yaqin

Salsabila, Chairunnisa Nur (2023) Kecenderungan Perilaku Self-Harm Pondok Pesantren Nurul Yaqin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Chairunnisa_Nur_Salsabila_1600600_6916_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada remaja.dimana perilaku melukai diri sendiri merupakan perilaku yang dilakukan untuk mengatasi gangguan emosi atau rasa sakit yang emosional dengan cara menyakiti diri sendiri tanpa ada niat untuk bunuh diri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kecenderungan perilaku self-harm siswa Pondok Pesantren Nurul Yaqin secara keseluruhan, (2) Mendeskripsikan kecendrungan perilaku self-harm siswa Pondok Pesantren Nurul Yaqin pada aspek direct selfinjury, (3) Mendeskripsikan kecendrungan perilaku self-harm siswa Pondok Pesantren Nurul Yaqin pada aspek non-direct self-harm. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 316 siswa dengan sampel 176 siswa yang merupakan santri dan santriwati di pondok pesantren nurul yaqin. Pengambilan sampel dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrument penelitian yaitu angket self-harm dengan pengukuran skala likert. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pondok pesantren nurul yaqin mengalami kecenderungan perilaku self-harm pada umumnya berada pada kategori rendah sebanyak 102 siswa dengan persentase 57,95%. Sedangkan perilaku self-harm ditinjau dari aspek regulasi emosi berada pada kategori rendah, perilaku self-harm pada siswa ditinjau dari aspek menghukum diri sendiri berada pada kategori rendah, perilaku self-harm pada siswa ditinjau dari aspek pengaruh interpersonal berada pada kategori sedang, perilaku self-harm pada siswa ditinjau dari aspek pengaruh interpersonal berada pada kategori rendah, perilaku self-harm pada siswa ditinjau dari aspek anti disosial berada pada kategori rendah, perilaku self-harm pada siswa ditinjau dari aspek anti bunuh diri berada pada kategori rendah, perilaku self-harm pada siswa ditinjau dari aspek mencari sensasi berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasi dari penelitian ini guru BK atau konselor dapat memberikan bantuan berupa layanan informasi, layanan konseling individual, layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIfdil, IfdilUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:07
Last Modified: 29 Nov 2023 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48549

Actions (login required)

View Item View Item