Kurniawan, Diki
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan
Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Kelas IV SD Negeri 25 Payakumbuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dari observasi dan wawancara yang telah
dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 25 Payakumbuh. Pada saat observasi peneliti
menemukan bahwa hasil belajar peserta didik di SD tersebut masih tergolong
rendah dengan alur pembelajaran berpusat pada guru, metode yang digunakan
bersifat monoton dan rendahnya tingkat partisipasi peserta didik dalam proses
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan
model Problem Based Learning di kelas IV SD Negeri 25 Payakumbuh.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini telah
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta
didik kelas IV SD Negeri 25 Payakumbuh dengan jumlah 20 orang peserta didik.
Peneliti bertindak sebagai pendidik praktisi sedangkan pedidik kelas IV sebagai
observer. Pengumupulan data menggunakan teknik observasi, tes dan non tes,
dengan intrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar tes dan non tes.
Sumber data itu sendiri terkait perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar peserta
didik kelas IV.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Modul Ajar siklus I
dengan rata-rata 87.5% (baik) dan siklus II 92.5% (sangat baik), b) Pelaksanaan
pada aspek pendidik siklus I dengan rata-rata 87.5% (baik) dan siklus II 96.4%
(sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan ratarata
83.9%
(baik)
dan
siklus
II
96.4%
(sangat
baik),
c)
Penilaian
terhadap
peserta
didik
dalam
peningkatan
hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 80
dan siklus II dengan rata-rata 90. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Actions (login required)
|
View Item |