Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri 25 Payakumbuh

Kurniawan, Diki (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri 25 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Diki_Kurniawan_19129103_7172_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 25 Payakumbuh. Pada saat observasi peneliti menemukan bahwa hasil belajar peserta didik di SD tersebut masih tergolong rendah dengan alur pembelajaran berpusat pada guru, metode yang digunakan bersifat monoton dan rendahnya tingkat partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SD Negeri 25 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas IV SD Negeri 25 Payakumbuh dengan jumlah 20 orang peserta didik. Peneliti bertindak sebagai pendidik praktisi sedangkan pedidik kelas IV sebagai observer. Pengumupulan data menggunakan teknik observasi, tes dan non tes, dengan intrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar tes dan non tes. Sumber data itu sendiri terkait perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar peserta didik kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Modul Ajar siklus I dengan rata-rata 87.5% (baik) dan siklus II 92.5% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek pendidik siklus I dengan rata-rata 87.5% (baik) dan siklus II 96.4% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan ratarata 83.9% (baik) dan siklus II 96.4% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 80 dan siklus II dengan rata-rata 90. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:07
Last Modified: 29 Nov 2023 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48547

Actions (login required)

View Item View Item