Septiana, Divarah
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
Pembelajaran Tematik Terpadu dengan
Menggunakan Model Attention, Relevance, Confidence,
Satisfaction di kelas IV UPTD SD N 01 Tujuah Koto
Talago, Kabupaten 50 Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak
pada rendahya Hasil belajar peserta didik di kelas UPTD SD N 01 Tujuah Koto
Talago, Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan
menggunakan Model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence,
Satisfaction (ARCS) kelas IV UPTD SD N 01 Tujuah Koto Talago Kabupaten 50
Kota.
Penelitian ini diksanakan di UPTD SD N 01 Tujuah Koto Talago
Kabupaten 50 Kota dengan subjek Penelitiannya adalah guru beserta peserta didik
di kelas IV. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitiannya
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus
yang meliputi empat tahap prosedur Penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi.
Hasil Penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di
siklus I diperoleh rata-rata skor 81% dan pada siklus II diperoleh skor 97,7%
(Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh ratarata
yaitu 77,5% (Cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% (Sangat
Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 77,5 % (Cukup),
dan pada siklus II meningkat menjadi 95% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta
didik pada siklus I diperoleh rata-rata 68,99 (Kurang) dan pada siklus II
meningkat menjadi 89,98 (Baik). Dengan demikian strategi Card Sort dapat
meningkatkan Hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar
Actions (login required)
|
View Item |