Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction di kelas IV UPTD SD N 01 Tujuah Koto Talago, Kabupaten 50 Kota

Septiana, Divarah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction di kelas IV UPTD SD N 01 Tujuah Koto Talago, Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DIVARAH_SEPTIANA_17129314_7247_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya Hasil belajar peserta didik di kelas UPTD SD N 01 Tujuah Koto Talago, Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan Model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) kelas IV UPTD SD N 01 Tujuah Koto Talago Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini diksanakan di UPTD SD N 01 Tujuah Koto Talago Kabupaten 50 Kota dengan subjek Penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas IV. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur Penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil Penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 81% dan pada siklus II diperoleh skor 97,7% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh ratarata yaitu 77,5% (Cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 77,5 % (Cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 68,99 (Kurang) dan pada siklus II meningkat menjadi 89,98 (Baik). Dengan demikian strategi Card Sort dapat meningkatkan Hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:07
Last Modified: 29 Nov 2023 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48546

Actions (login required)

View Item View Item